Jumat, Desember 09, 2011

Kamu dapat ini kalau bangun pagi!

Pernah dengar kalimat, “Jangan bangun siang, nanti rejekinya di patok ayam!” Dan, nyatanya banyak yang mengacuhkan kalimat itu. Padahal, kalimat itu benar adanya, meski disampaikan dengan kata kiasan. Jika kita tidur hingga siang, maka kita tidak akan melakukan apa-apa, pekerjaan juga jadi terbengkalai, akibatnya kita tidak mendapat apa-apa selain bertambah malas dan badan sakit semua.
Padahal, ada banyak kebaikan yang bisa di dapat kalau kita mau dan terbiasa bangun pagi. Tentu saja lebih untuk kesehatan kita. Apa saja kebaikan itu, yuk disimak!!!
 
1. Mengasah pikiran dan hati
Suasana pagi yang sejuk dan tenang, membuat pikiran kita juga lebih fresh. Belum terbebani dengan masalah-masalah yang akan kita hadapi hari ini. Membaca buku di pagi hari, dapat digunakan untuk pengembanga diri dari berbagai aspek, mulai dari emosi, fisik, mental dan spiritual. Dan waktu pagi, adalah waktu yang cocok untuk mengasah pikiran dan hati.

2. Berolahraga
Kesehatan tubuh manusia tidak hanya di dapat dari makanan sehat, melainkan dari kesinambungan kita dalam hal berolahraga. Dan olah raga biasa dilakukan di waktu pagi. Tidak mungkinkan kalau siang-siang kita berolahraga? Karena itu, untuk mendapat sinar matahari dan udara yang menyehatkan, usahakan selalu bangun pagi dan berolahrag.

3. Membereskan/menyiapkan hal-hal kecil
Kalau terbiasa dengan bangun pagi, kita tidak perlu terburu-buru untuk menyiapkan/ membereskan barang-barang/bahan-bahan yang akan dibawa untuk kegiatan hari ini. Kita akan lebih santai memilah dan memilih barang tersebut tanpa merasa diburu waktu. Jadinya, kemungkinan kita ketinggalan atau kehilangan atau tidak terbawanya barang yang dibutuhkan untuk hari ini adalah kecil.

4. Meningkatkan produktivitas
Hari/waktu kita akan terasa lebih panjang, jika kita bangun lebih awal. Dengan begitu, akan lebih banyak waktu yang bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan anda. Dan bahkan mungkin kita bisa mengerjakan lebih banyak pekerjaan dibanding kalau kita bangun siang.

5. Menggunakan waktu untuk berpikir
Heningnya pagi, dinginnya pagi, sejuknya pagi, mampu menjernihkan pikiran kita. Tentu saja ketika itu belum ada satu masalahpun yang membebani kita. Masalah yang biasanya kita dapat ketika sudah keluar rumah. Sehingga pagi hari dianggap waktu yang sosok untuk berpikir dan memecahkan suatu masalah.

6. Melakukan meditasi
Pagi adalah waktu yang sangat cocok untuk bermeditasi karena pikiran masih fresh, segar dan tenang. Kenapa melakukan meditasi? Karena meditasi mampu menyeimbangkan emosional dan jiwa diri sendiri. Jika mengawali hari dengan meditasi, besar kemungkinan kita dapat memperbaiki kualitas diri.

7. Mencegah rasa malas
Semakin siang kita bangun, semakin malas kita akan melakukan aktifitas hari ini. 

8. Melangsingkan tubuh dan melancarkan metabolisme
Bangun pagi berpengaruh terhadap kondisi fisik dan psikis Anda. Hal ini tentu berhubungan dengan olahraga teratur yang baik dilakukan di pagi hari. Memangnya ada yang mau lari (jogging) di siang hari bolong?
Selain itu, bangun siang = tidur lebih lama, sehingga mengakibatkan tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dan tentu saja akan berdampak pada rasa lapar dalam jangka waktu yang lama sehingga mempengaruhi kecepatan metabolisme. Dan akhirnya, bobot tubuh pun meningkat a.k.a kegemukan

9. Disorientasi
Tidur terlalu lama membuat kita sulit berkonsentrasi. Kecuali begitu bangun tidur kita langsung berolahraga. Kembali lagi, memangnya mau olah raga dengan ditemani sinar matahari yang menyengat? Bisa-bisa malah mengalami dehidrasi akut.

10. Mencegah sakit kepala.
Ketika kita memutuskan untuk bangun pagi, kita mencegah cairan cerebrospinal bergerak ke otak. Karena kalau cairan tersebut sampai ke otak (yang diakibatkan tidur terlalu lama) maka akan menyebabkan sakit kepala parah yang mengarah pada kebutaan.


Jadi, mau mencoba bangun lebih pagi??




Tidak ada komentar:

Posting Komentar