Jumat, Desember 02, 2011

(98) Siapa bilang istikharah sulit?? Ini cara yang mudah!!!


Pernahkah kau merasa ragu pada sesuatu hal? Atau merasa bingung untuk memilih? Semua pasti pernah –sering- merasakan perasaan itu. Ada yang menggunakan koin atau kocokan untuk menentukan langkah yang akan di pilih saat bingung atau ragu itu melanda. Bukan hal yang konyol memang, tapi benarkah jawaban yang keluar adalah petunjuk Allah?
Yang (menurutku) benar adalah melakukan sholat Istikharah, yaitu Sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan untuk memilih sesuatu hal yang terbaik. Kebanyakan orang salah berpikir, bahwa istikharah hanya dilakukan jika kita bingung memilih antara dua hal. Bukan begitu, meskipun hanya satu hal, jika kita bingung akan melakukannya atau tidak, maka Allah menyarankan untuk istikharah.
Biasanya, istikharah dilakukan pada malam hari menjelang tidur. Hal ini bertujuan agar kita bisa segera mendapat jawabannya melalui mimpi. Tidak juga, sih. Karena istikharah bisa dikerjakan kapan saja –ketika kita ragu akan sesuatu- dan jawaban Allah tidak melulu lewat sebuah mimpi.
Namun, kadang meski datangnya lewat mimpi, tidak semua manusia bisa mengerti atau memahami artinya. Malah, bisa-bisa menjadi salah arti. Kadang juga yang lebih parah adalah, ketika kita bermimpi, begitu bangun kita malah lupa mimpi apa semalam. Namun, itulah istikharah yang benar, menurut seorang kyai. Karena itu, dibutuhkan bimbingan dari orang yang bijak dengan pengetahuan agamanya yang mumpuni.
Ketidakmengertian itu jelas merupakan kendala untuk mengetahui jawaban yang Allah berikan pada kita, karena sebagian diantara kita biasanya malu untuk membicarakan dengan orang lain, meskipun itu pak kyai. Dan juga belum tentu ada pak kyai di sekitar kita.
Karena itu, ada sebuah ilmu tentang sholat Istikharah yang lebih mudah yang kudapat dari seorang kyai beberapa minggu yang lalu.
Caranya sama persis dengan sholat Istikharah yang biasanya dilakukan.
1.   Sholat dua rakaat (minimal) atau sampai duabelas rakaat (maksimal) dengan niat sholat istikharah.
2.   Kemudian berdoa setelah selesai salam
3.   Ambil Al-qur’an yang ada terjemahannya
4.   Sebelum membuka, berdoa dan mohon pada Allah. Katakan apa hal yang membuatmu bingung.
5.   Lalu buka dengan sembarang halaman (nggak milih halaman)
6.   Lihat arti/terjemahan ayat yang terletak di POJOK KANAN BAWAH
7.   Jika artinya BAIK, maka LAKUKAN
8.   Jika artinya TIDAK BAIK/KURANG BAIK, maka JANGAN LAKUKAN/TINGGALKAN
Sangat mudah, kan?
Selamat melaksanakan Sholat Istikharah, ya. Semoga bermanfaat, dan bisa membantumu mengatasi keraguan dan kebingungan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar