Sabtu, April 06, 2013

Selamat Jalan, Pak Yasin

Innalillahiwainnailaihiroji'un...
Satu kata yang aku gumamkan saat membaca sebuah pesan dari seorang teman. Bahwa telah berpulang guru kami tercinta, guru agama saat kami berseragam SMA, Bapak Yasin. 

Ya Rabb, sungguh kematian itu berjarak sangat dekat dengan kami,tanpa kasi sadari, tanpa kami ketahui. Kematian yang akan mengantarkan kami pada kehidupan yang lebih abadi. Kematian yang merupakan jembatan bagi kami untuk memulai kehidupan baru di alam sana. Alam yang tak pernah bisa kami bayangkan rupanya, namun sudah banyak buku yang mengisahkan itu.
 
Kematian menghampiri siapa saja tanpa pandang usia, status, kelamin, dan tanpa permisi. Jika sudah ketetapan-Nya, maka siapapun orangnya takkan bisa bersembunyi. Keranda bahkan selayak pesawat yang bebas hambatan, tak peduli cuaca hujan atau panas, keranda akan tetap berangkat. Rumah dan harta di dunia serupa akomodasi yang diberikan selama manusia berdinas di dunia. Jika sudah saatnya pensiun, maka yang dimiliki hanyalah sepetak rumah berukuran 2 x 1 meter saja. Tidak ada tempat tidur, tidak ada kursi meja, tidak ada teman dan kerabat.

Kematian yang tidak terduga, mengharapkan kita-manusia-untuk selalu berbuat baik. Mengamalkan yang baik-baik sebagai bekal untuk di tempat sana. Dan aku rasa, Pak Yasin sudah mendapatkannya. Amin, amin, amin YRA.

Pak Yasin adalah guru yang paling sabar dan murah senyum. Ucapannya yang lirih namun menyentuh, adalah hal yang paling kami ingat. Menurut beberapa teman, pagi tadi beliau masih mengajar. Masih mencukur rambut beberapa siswa yang gondrong. Baru sore, tepatnya setelah magrib beliau dikabarkan meninggal. Penyebabnya adalah tersengat aliran listrik. Astaghfirullah. Sungguh, Allah Yang Maha Kuasa. Maha Berkendak. Maha Tahu. Maha Menentukan. Dia berhak mengambil nyawa umat-Nya dengan cara apapun. 

Ya Allah, meski aku bukan orang baik-baik, namun semoga doaku sampai pada-Mu. Ampunilah dosa guru kami, yang telah dengan ikhlas mengajarkan kami tentang agamamu. Berilah dia di tempat yang baik, dengan kubur yang lapang dan kelancaran menjawab pertanyaan malaikat-Mu. Ya Allah, berikanlah keberkahan pada akhir hidupnya. Berilah ketabahan dan kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan. Amin

Selamat jalan, Pak Yasin... Kebaikan dan kesabaranmu dalam mengajar dan berbagi ilmu kepada kami semoga menjadi cahaya yang menuntunmu ke surga Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar