Kamis, April 04, 2013

M.E.N.D.E.N.G.K.U.R

Mendengkur? Hm, istilah itu mungkin sangat-sangat tidak asing di telinga kita. Kebiasaan tidur yang mengganggu orang di sekitar kita. mendengkur adalah suara yang dihassilkan saat kita menarik nafas selama dia tidur, yang pada gilirannya menyebabkan getaran di langit-langit lunak dan benda yang mengantung di bagian belakang tenggorokan (uvula)

Mendengkur adalah salah satu gelaja gangguan tidur yang serius (Obstructive Sleep Apnea (OSA)) yang tidak bisa disepelekan, karena gangguan ini bisa menyebabkan si penderita terkena serangan jantung. Apalagi hal ini di picu oleh masyarakat Indonesia yang banyak mengidap hipertensi dan diabetes. Jika tidak diatasi gangguan tidur ini, maka ada kemungkinan akan terserang penyakit lainnya.

Untuk mengatasi gangguan tidur itu, seseorang harus mengetahui penyebab dari kebiasaan mendengkur. Beberapa hal ini yang menyebabkan kebiasaan mendengkur antara lain :

1. Gaya hidup
Sebagian besar penyebab mendengkur akibat gaya hidup yang tidak sehat, untuk itu penangannya pun cukup dengan mengubah gaya hidup yang sudah ada menjadi lebih baik dan sehat.

2. Kelebihan berat badan
Berat badan berlebih baik akibat terlalu banyak makan atau situasi medis terkait seperti gangguan tiroid adalah faktor utama yang berkontribusi terhadap mendengkur. Jika penyebabnya ini, maka penurunan berat badan bisa memberikan kontribusi yang baik dalam mengatasi dengkuran.

3. Merokok
Rokok diketahui bisa memiliki dampak yang buruk bagi tubuh, salah satunya adalah menghalangi jalan napas, pembengkakan selaput lendir di hidung, pembengkakan jaringan di tenggorokan dan penyumbatan kecil di paru-paru. Kondisi ini bisa memicu orang mendengkur, karenanya untuk mengatasi ini harus berhenti merokok.

4. Konsumsi alkohol
Alkohol menyebabkan terlalu besarnya relaksasi saluran napas selama tidur serta membuat suara dengkuran semakin keras. Kondisi ini yang membuat peminum alkohol lebih rentan mendengkur.

5. Ada masalah medis
Gangguan medis apa pun yang menyebabkan penyumbatan hidung, tenggorokan atau paru berpotensi mengembangkan dengkuran. Namun bisa juga disebabkan oleh adanya gejala diabetes atau hipotiroid. Oleh karena itu pengobatan terbaik untuk mendengkur ini adalah mengobati masalah medis itu sendiri atau yang mendasarinya.

6. Pola tidur yang tidak stabil
Jika seseorang memiliki kebiasaan tidur yang tidak seimbang maka mengakibatkan perkembangan ketidakstabilan pernapasan yang sangat signifikan saat tidur, sehingga memicu dengkuran. Untuk itu usahakan untuk memiliki pola tidur teratur dan tidak terbangun beberapa kali saat tidur malam.

Dan berikut adalah beberapa tip bagi penderita untuk mengatasi kebiasaan mendengkur saat tidur :

1. Miringkan badan saat Anda mau tertidur. Hal ini penting agar sirkulasi oksigen keluar masuk dengan lancar.

2. Upayakan untuk menurunkan berat badan bagi Anda yang merasa gemuk. Hal ini sangat penting karena kebanyakan penderita gangguan ini adalah orang yang berkelebihan berat badan hingga memicu penyakit kardiovaskular.

3. Rutin olahraga pagi, ini penting untuk membantu peredaran darah dalam tubuh.

4. Pemberian oksigen dengan alat CPAP-BIPAP langsung ke daerah sekitar hidung dan mulut, jika dirasa gangguan bernapas ini sudah memperburuk tubuh Anda.

5. Tetap terhidrasi dengan minum banyak cairan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. hal ini bisa mencegah seseorang mendengkur karena adanya lendir di hidung. Kondisi tersebut terjadi saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi 

6. Bersihkan rongga hidung, karena hidung tersumbat bisa meningkatkan resiko mendengkur. ini membuat seseorang harus bernafas melalui mulut bukan hidungnya.

sumber : Okezone health




Tidak ada komentar:

Posting Komentar