Kamis, Juni 21, 2012

(300) Narasumber tanpa Materi...part.2


Pengalaman yang sama terulang lagi. Menyampaikan sajian tidak sesuai dengan materi. Hah? Materi yang sudah susah payah dibuat semalaman, malah ngga dipakai sama sekali. Pasalnya, yang jadi peserta sajian ini adalah para pemuda yang bakal jadi bagian dari KWP alias Kelompok Wirausaha Pemuda. Range usianya antara 17 tahun - 30 tahun. Dan, mereka belum memproduksi apa-apa. Enterpreunership pemula. Masih dalam rencana. Masih di godok. Pasarpun mereka belum tahu. 

Jadi, apa yang mau disampaikan???

Logikanya, kalau kita belum terjun langsung ke dunia bisnis #eeaaa :P mana bisa kita tahu kondisi realnya gimana. Kalau mau ditanya kendala apa yang ditemui di pasar? Ya, belum tahu. Wong belum menginjakkan kaki sama sekali di "pasar".
Ok!
Vina, please tutup buku! 
Acuhkan slidenya
Buat bahan baru dalam waktu.... kurang dari 10 detik.

Well, bisa atau nggak, saya sudah ada di depan, berdiri, lengkap dengan microphone di tangan. Mau nerangin yang saya buat, nggak mungkin. Bisa berasap kepala mereka, nggak ngerti dengan istilah-istilah itu. Diterangkan pun akan makan banyak waktu. Lebih nggak mungkin lagi kalau saya hanya diam mematung. Menunggu jarum detik berjalan perlahan.
Akhirnya, pengertian pemasaranlah yang saya jelaskan. Segmentasi pasar-bagaimana mereka menentukan pasar mana yang mau dimasuki, usia berapa, jenis kelamin, gaya hidup, pendidikan, pekerjaan, dll. Strategi-strategi apa yang bisa mereka pilih untuk mereka pakai, sesuai dengan segmen yang sudah mereka tentukan.

Ya, hanya itu saja. Semoga bisa bermanfaat deh.

#kalau mau lihat materi yang saya buat, besok akan saya posting....#Lapkeringat...#capek(dot)com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar