Senin, Juni 25, 2012

Mengenal Pigmen Bahan Makanan (part.1)

Menurut Prof. DR. Made Astawan - Ahli Teknologi pangan dan gizi dari IPB, warna dalam bahan makanan itu berasal dari pigmen yang merupakan senyawa fitokimia, yang berguna untuk melindungi mausia dari beragam penyakit, mulai dari kanker sampai infeksi ringan. Sehingga, jika kita mengkonsumsi bahan makanan dari semua kelompok warna, maka kita akan terlindung secara optimal.

Dr. David Heber dari Center for human nutrition university of california bilang, "tubuh kita akan mendapatkan manfaat dari rangkaian unik fitokimia serta vitamin, mineral, dan serat pangan yang terdapat dalam setiap kelompok warna bahan makanan tersebut. 
Semakin bervariasi warna bahan makanan yang dikonsumsi, maka akan semakin lengkap zat gizi yang didapatkan oleh tubuh. 

# Pigmen, selain memberikan warna pada makanan juga memberikan dampak positif bagi kesehatan. Apel dan Anggur, dianjurkan untuk dimakan dengan kulitnya karena dalam kulitnya tersebut terkandung zat yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mengikat radikal bebas di dalam tubuh. 

## KHASIAT WARNA MERAH ##
>>>> Warna merah mengandung pigmen utama yang disebut LIKOPEN. Dia juga mengandung PHYTOENE, PHYTOFLUENE, VITAMIN A, DAN VITAMIN E. Ditambah PAPAIN pada Pepaya. 
>>>> fungsi LIKOPEN : sebagai antioksidan yang mampu mengikat radikal bebas, antikanker, mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangi stroke dan serangan jantung.  BUAH TOMAT mengandung banyak Likopen bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker payudara, kanker pankreas, serangan jantung, kanker esophagus, kanker tulang tengkuk, kanker rahim, kanker lambung, kanker darah, mencegah pertumbuhan tumor, menghambat kanker otakdan mencegah kanker usus.
Serta paling dominan pengaruhnya dalam pengendalian kadar gula darah. LIKOPEN juga diyakini dapat meningkatkan jumlah, struktur, dan agresivitas sperma sehingga bisa memperbaiki kualitas seksual seorang pria a.k.a meningkatkan kesuburan kaum Adam. 
>>>> Keistimewaan alin adalah pada PEPAYA. Selain kandungan likopen yang tinggi, juga terkandung enzim PAPAIN yang aktif dan memiliki kemampuan mempercepat proses pencernaan protein dan menghambat pertumbuhan SEL KANKER PAYUDARA. Juga dapat meminimalkan efek negatif dari proses pencernaan yang tidak sempurna seperti penyakit TEKANAN DARAH TINGGI, SEMBELIT, RADANG SENDI & DIABETES.
## KHASIAT WARNA JINGGA ##
>>>> Warna Jingga mengandung pigmen beta karotin (karotinoid), yaitu merupakan pro-vitamin A yang tersimpan di hati, dan akan diubah menjadi vitamin A sesuai kebutuhan tubuh. Selain itu, warna jingga juga mengandung FALCARINOL, ASAM SITRAT, HESPERIDIN, & LIMONIN.
>>>> Beta karotin baik untuk mata, baik dalam pencegahan kanker karena antioksidannya, Peningkatan daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan komunikasi antar sel dalam tubuh. Aktivitas beta karotin dapat mencegah terjadinya plak atau penimbunan kolesterol dalam pembuluh darah sehingga resiko terserang stroke bisa dikurangi. 
>>>> Beta karotin juga meningkatkan kadar vitamin A dalam ASI. Bila dikonsumsi bersama vitamin C dan E, mampu meningkatkan kemampuan antioksidan dalam tubuh. Beta karotin bersifat ANALGETIK / ANTI NYERI & ANTI INFLAMASI /ANTI PERADANGAN
>>>> Juga mengandung ALFA-KAROTIN bersama Beta karotin bersinergi dalam mencegah pertumbuhan tumor. WORTEL, selain mengandung KAROTINOID juga mengandung FALCARINOL, untuk mencegah kanker usus. Komponen pigmen BETA-CRYPTHOXANTHIN memberikan warna jingga pada JERUK yang bermanfaat untuk PENCEGAHAN BATU GINJAL.
>>>> HESPERIDIN yang terkandung dalam jeruk bersifat antioksidan, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan daerah dan membantu vitamin C dalam pembentukan kolagen sehingga kulit akan terlihat awet muda dan kencang >> ini, nih yang dicari para kaum Hawa :D
>>>>Manfaat kandungan LIMONIN juga sangat disukai perempuan karena mampu melangsingkan tubuh. :)  
Bersambung dulu ya... 
posting berikutnya ada pigmen bahan makanan lain yang nggak kalah penting. So, don't miss it.....
sumber: INSPIRED KIDS 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar