Senin, Juli 02, 2012

Mengenal Pigmen Bahan Makanan (part.2)

Kalau pernah membaca posting saya yang berjudul mengenal-pigmen-bahan-makanan-part1 ini dia lanjutannya. Silahkan menikmati :P

##KHASIAT WARNA KUNING ##
>>>> Warna Kuning pada makanan disebabkan oleh komponen yang terkandung dalam kelompok xanthophyll, yang terdiri dari beta-cryptoxanthin, lutein, zeaxanthin, & karotinoid, juga mengandung beberapa mineral seperti kalium, natrium, tembaga, seng, vitamin A, B1 dan C
>>>> beta-cryptoxanthin mampu mencegah orteoporosis. Lutein dan zeaxanthin sangat berguna bagi kesehatan mata dan melindunginya dari kerusakan dengan cara memfilter sinar biru, terutama pada bayi dan anak-anak. Juga bermanfaat dalam mengurangi resiko tumor dan kanker serta bersifat antioksidan karena mampu mencegah kerusakan DNA
## KHASIAT WARNA HIJAU ##
>>>> Warna hijau mengandung klorofil, glukosinolat, asam folat, beta-karotin, vitamin C, E, dan K. Juga mengandung sulforaphane, isothiocyanate, dan indoles - yang dapat merangsang hati untuk memproduksi komponen yang dapat memecah unsur kimiawi penyebab kanker.
>>>> Klorofil berfungsi sebagai hemoglobin dalam darah yang sangat penting dalam proses penyediaan oksigen ke seluruh sel jaringan tubuh. Klorofil juga kaya zat anti peradangan, antibakteri, antiparasit, antioksidan dan antikanker.
>>>> Beta-karotin berguna untuk mencegah kanker, khususnya kanker kulit dan paru-paru, dan dapat menjangkau bagian tubuh lebih banyak dan lebih lama dibandingkan vitamin A sehingga bisa melindungi secara optimal terhadap kanker.
## KHASIAT WARNA BIRU ##
>>>> Warna Biru memang agak sulit ditemukan. Salah satunya adalah Spirulina, yang meskipun langka namun memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Warna birunya berasal dari pigmen phycocyanin. Kaya akan kandungan vitamin B-kompleks, D, magnesium, seng, selenium, zat besi, dan gamma linoleic acid (GLA). 
>>>> Phycocyanin adalah pigmen yang paling efisien dalam menangkap radiasi matahari dan menggunakannya dalam proses fotosintesis. Bermanfaat untuk menstimulasi kerja sel batang pada sumsum tulang, berperan dalam produksi sel darah putih , meningkatkan imunitas tubuh, serta mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. 
>>>>  Phycocyanin mampu meningkatkan aktivitas limfosit yang bekerja memelihara kesehatan organ tubuh, mencegah atau melawan kanker, pendarahan wasir, luka, dan penyakit lainnya. Juga memiliki kemampuan sebaga antioksidan yang membersihkan radikal bebas penyebab kanker, mencegah penyumbatan pembuluh darah akibat oksidasi kolesterol jahat LDL, antiradang, dan pelindung otak.

Hmmm, sepertinya bersambung dulu, ya.... 
Postingan berikutnya adalah sambungan dari pigmen bahan makanan lainnya. Okay....
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar