Kamis, Januari 12, 2012

Rawat behel kita yukz :D

Sudah hampir tiga minggu pakai behel. Dan alhamdulillah, akhirnya terbebas juga dari sariawan yang pas awal pemakaian-sumpah-membuat hancur semua dinding mulut. Mungkin karena belum terbiasa sekaligus beradaptasi. Maklum lah, namanya juga ada benda asing yang sedikit tajam, yang kemudian singgah dan tinggal dalam waktu yang lumayan lama, jadi mulut juga agak terganggu. Tapi, sekarang masalah itu sudah teratasi. 
Nah, setelah sudah terbiasa, sekarang saatnya belajar merawat behel yang sudah melekat di gigi kita. Yang akan mengikuti kita kemanapun kita pergi dan apapun aktivitas kita. Ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan sebagai perawatan sehari-hari gigi berbehel.
PERTAMA
Sikat gigi yang dipakai untuk gigi berbehel adalah sikat gigi khusus yang dipakai untuk orthodontik. Bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus. Dijual di apotek, klinik, dan supermarket besar dan bukan di warung-warung. Ingat, TIDAK DIJUAL DI WARUNG!
Selain itu juga ada sikat tambahan untuk sela2 gigi, karena orang yang pake behel biasanya terbentuknya karang gigi menjadi lebih cepat.
KEDUA
Gunakan pasta gigi dengan formula terlengkap agar benar-benar melindungi dan merawat gigi secara intens. Baiknya sikat gigi dilakukan dalam dua proses. Pertama tanpa Pasta gigi. Selain untuk membersihkan, tanpa pasta gigi juga akan mempermudah kita melihat apakah sisa-sisa makanan sudah terangkat semua (silahkan menyikat gigi di depan cermin). Nah setelah itu baru pakai pasta gigi, gunanya agar bersihnya lebih maksimal


KETIGA
setelah itu boleh berkumur dengan obat kumur setelah menyikat gigi dan bila perlu gunakanlah dental floss (benang gigi). Maka, tidak mengherankan apabila rutinitas menyikat gigi ketika awal masa pemakaian behel bisa mencapai 20 menit. Obat kumur biasanya membuat mulut menjadi kesat dan kering. Perbanyaklah minum air putih.


KEEMPAT
Perbanyak mengonsumsi vitamin C karena akan lebih sering terkena sariawan disebabkan karena tergores behel. Siapkan obat sariawan seperti Albothyl dan bila perlu siapkan juga wax ortho (berupa lilin untuk menutupi bagian logam behel yang tajam). Tapi, Wax Ortho hanya bertahan sementara. Tidak bisa menghilangkan ketajaman behel.  Selain itu, asupan kalsium dan vitamin D yang lebih banyak dari dosis biasanya juga sangat dibutuhkan oleh gigi. Hal ini dikarenakan posisi gigi yang bergeser, sehingga kalsium sangat dibutuhkan.
KELIMA
Setelah check-up, biasanya bukan hanya gigi yang akan terasa ngilu/nyeri tapi juga rahang, dagu dan kepala bahkan terkadang bisa sampe demam. Hal ini dikarenakan pergerakan gigi yang otomatis berpengaruh ke sistem syaraf dan bentuk kepala serta profil wajah kita. Jadi siapkan painkiller seperti Panadol yang mengandung parasetamol bila perlu.


KEENAM
Hindari makanan yang terlalu keras. Potong makanan dengan tangan terlebih dahulu, jangan memotongnya langsung menggunakan gigi. Selain bisa mengacaukan proses pergeseran gigi, juga dapat melepas bracket behelnya. 
Yah, kira-kira seperti itulah yang harus disiapkan atau dilakukan ketika kita memutuskan atau telah memakai behel gigi. Semoga ada manfaatnya ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar