Jumat, Januari 13, 2012

Mari tidur gelap-gelapan.....:D

Tidur dalam keadaan lampu 'meninggal'? 
Sebagian orang mungkin tidak terlalu terganggu ketika tidur dengan lampu menyala. Tapi, untukku itu cukup menganggu. Pasalnya, entah kenapa rasanya meski mataku tertutup, terasa sangat terang. Susah juga untuk terlelap. Selain itu, suhu udara di kamar juga lama kelamaan akan terasa panas dengan lampu yang menyala terang.

Tidur dalam keadaan lampu mati ada manfaatnya, lho. Selain, tentu saja, menghemat listrik.
Tidur dengan kondisi benar-benar gelap membuat tubuh kita menghasilkan Melantonin, Karena tidur ditempat gelap akan merangsang pembentukan hormon melatonin.

Nah, Hormon melatonin ini adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal didalam otak dan pembentukannya akan dipicu oleh gelap. Kadarnya paling tinggi ditemukan menjelang pagi hari sekitar jam 02 00 s/d€“ 04 00 dan paling rendah di sore hari. Hormon melatonin adalah salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Hormon ini mengatur mengatur irama tubuh dalam hal pengaturan tidur. Ini juga menjawab kenapa orang yang usianya bertambah, semakin sedikit tidurnya. Hal ini dikarenakan hormon melatonin ini alamiah akan mengalami penurunan sejalan dengan bertambahnya usia manusia. Biasanya akan mengalami penurunan yang drastis sekitar usia 40 tahun, sehingga dengan menurunnya hormon ini maka kualitas tidurpun akan menurun dan dampak yang sering dialami adalah irama tidur akan berubah. Bahkan kadang bisa mengalami kesulitan tidur.

Manfaat lain melatonin adalah sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air, selain meningkatkan imun tubuh serta menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan.

Jadi sebaiknya kalau tidur lampu dimatikan agar bisa memaksimalkan produksi melatonin. Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam Hari - sekecil apapun sinarnya menyebabkan Produksi hormon melantonin terhenti.

Selain menghemat energi, dengan mematikan lampu ketika tidur merupakan cara alami untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Daripada harus minum segala macam obat-obatan untuk mencegah penyakit, alangkah baiknya kalau kita bisa sedikit mengubah cara hidup kita. Iya, kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar