Sabtu, Januari 14, 2012

(141) Bawang merah tak sejahat dalam dongeng

Pernahkan mendengar dongeng tentang Bawang Merah dan Bawang Putih? Diceritakan bahwa bawang merah itu jahat, sedangkan bawang putih itu baik. Eh, tapi tahukah kalian bahwa ternyata bawang merah itu tidak sejahat yang ada di dongeng? Bahkan, dia sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Ya... mungkin jahatnya cuma di bau saja, sehingga tidak sedikit orang yang menyingkirkan bumbu yang memiliki nama latin Allium Cepa L ini karena dapat memicu timbulnya bau badan. Selain itu, mungkin karena dia selalu membuat menangis siapa saja yang mendekatinya. Behehe.

Nah, ada bebera zat yang dikandung oleh Bawang merah itu yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Ini dia nama-namanya:
  • Propel alil disulfide dan kromium yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 
  • Quercitin, salah satu flavonoid yang terkandung di dalamnya dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, bahkan sampai penyakit kanker usus besar. 
  • Vitamin B6 yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan kolesterol.
  • Allicin, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, mencegah dan mengobati kanker, dan mengurangi tekanan darah tinggi, meski jenis rempah ini dicincang, bahkan dihaluskan sekalipun.
Kandungan lain yang juga sangat bermanfaat adalah Fosfor, Kalsium, Karbohidrat, Vitamin A, Zat Besi dan Vitamin.
Ada beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi bawang merah, lho, yaitu:
1. Diabetes Mellitus
Kandungan Tolbutamide  mampu menurunkan kadar gula dalam darah, mempengaruhi metabolisme gula dalam hati, mengatur pelepasan insulin, dan mencegah perusakan oleh insulin.
2. Mencegah pengumpalan darah
Dalam hal ini, bawang merah harus dikonsumsi rutin dalam keadaan mentah
3. Anti radang dan pembunuh bakteri
Bawang merah yang diperas airnya dapat digunakan untuk pembenuh luka. Gosokkan air bawang merah pada luka yang telah dibersihkan. Nanah dan kotor yang keluar kemudian, membuat luka tidak infeksi.
4. Mengencerkan dahak dan menyembuhkan radang paru-paru
Kompres bagian dada dengan bawang merah yang telah dihaluskan
5. Mencegah sakit TBC
Kandungan  Zat dalam bawang merah dapat membunuh mikroba diphtheria, amuba disentri dan mikroba TBC
6. Menyembuhkan susah buang air kecil
Bawang merah yang sudah dihaluskan, dikompreskan ke bagian ginjal dan kandung kemih
7. Menghilangkan mata ikan pada kaki
Mata ikan pastilah sangat mengganggu. Bawang merah bisa untuk menghilangkannya dengan cara diiris tipis, kemudian dibalurkan pada bagian mata ikan, lalu ditutup dengan perban. Lakukan pada sore hari hingga pagi. Bilas dengan air hangat dan sabun.

Nah, banyak kan kandungan manfaat si Bawang merah ini. Jadi, siapa bilang dia jahat, hanya karena suka bikin kita 'nangis'?
:D :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar