Sabtu, Mei 26, 2012

Masa Subur?? Bagaimana menghitungnya, ya??

-->
Beberapa perempuan mungkin belum tahu bagaimana cara menghitung masa suburnya sendiri. Padahal dengan mengetahui siklus masa subur,  kita bisa mengetahui pula kapan waktu yang tepat/terbaik untuk melakukan hubungan sehingga dapat mencapai kehamilan. Begitu juga berguna bagi yang belum mengingkan untuk mendapatkan momongan.
Karena itulah penting kiranya seorang wanita untuk mengetahui masa suburnya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sistem kalender. Sistem Kalender artinya, masa subur diperkirakan dengan mengandalkan tanggal di kalender. Ada dua cara pada sistem kalender ini, yaitu:

Bagi yang siklus haidnya teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama tama harus dicatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.Itu tadi informasi Cara Menghitung Masa Subur Wanita agar anda dapat mengetahui masa subur pasangan anda. Cara ini dapat dilakukan jika anda mengalami Kesulitan Untuk Hamil.
Nah, Perempuan, silahkan menghitung masa subur kalian sendiri. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar