Kamis, November 24, 2011

(92) Re-So-Lu-Si

Resolusi?
Hm... apa, ya sebenarnya resolusi itu? 
Kebanyakan orang mengatakan "Resolusi tahun sekian adalah bla, bla, bla..." Dan biasanya, apa yang sudah di 'resolusi'kan HARUS sebisa mungkin dijadikan kenyataan. Atau paling tidak terpenuhi meski tidak maksimal. 
Jadi, apakah resolusi itu artinya sama dengan perencanaan?

Ternyata, tidak seperti itu. Resolusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah Putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berupa tuntutan tentang suatu hal.
Sebuah Putusan atau kebulatan pendapat! Jadi, resolusi adalah sebuah keputusan yang sudah disepakati. Keputusan apa? Apa saja. Kalau kita mengatakan resolusi kita tahun sekian adalah bla, bla, bla... maka, itulah hal-hal yang sudah kita putuskan untuk dapat kita capai pada tahun yang ditentukan. Dan, siapapun yang sudah mengucapkan resolusinya, dia punya kewajiba moral untuk berusaha semampunya untuk mewujudkan itu. 

Resolusi bukan hanya sebuah ucapan. Tapi sebuah janji pada diri sendiri. Janji ketika ingin melakukan sesuatu hal untuk menjadikan  diri sendiri berguna, berharga, atau menjadi lebih baik dari sebelumnya. Meski kadang, resolusi tak selalu menjadi kenyataan, tapi dia tidak pernah hilang atau lenyap. Dia hanya berpindah untuk menjadi resolusi di tahun berikutnya. 

Apakah tiap manusia harus memilik resolusi tiap tahunnya? Jawabnya adalah, semua bergantung pada manusia itu sendiri. Berniatkah dia menjadi pribadi yang lebih baik dalam hal pencapaian sesuatu? Atau hanya ingin menjadi dirinya yang sama dari tahun ke tahun? Kalau pilihannya yang pertama, maka tetapkan resolusimu. Putuskan apa yang akan kau capai di tahun berikutnya? Dan itu harus lebih baik.
Tapi, kalau kau pilih yang kedua, maka silahkan meninggalkan ruang resolusimu dan berdiam dirilah. 
Jadi, apakah resolusimu tahun ini sudah tercapai semua? Atau kau tak membuatnya di awal tahun kemarin??
Well, kalau begitu, selamat datang di dunia resolusi, dan apa resolusimu tahun depan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar