Rabu, Juli 17, 2013

Pengawasan day 1

Setelah berkecimpung penuh pikiran karena persiapan yang sudah hampir kelar, hari ini dapat tugas baru yang nggak kalah menguras tenaga. Pengawasan peredaran barang dan jasa. Dan ini adalah hari pertama. Panas, ke pasar-pasar dan toko makanan, dan puasa. Satu yang tetap membuat semangat. Allah akan melipatgandakan pahala orang yang puasa saat terik membakar. Hahahaha, itu semacam keyakinan sendiri sih.

Eniwei, kami berangkat pukul 8 pagi, bareng sama dinas kesehatan, polres, dinas pasar, sama satpol pp. Setiap tim diisi oleh lima orang, masing-masing dari instansi itu. Pengawasan ini akan dilaksanakan rabu dan kamis selama 3 minggu. Yang harus dilakukan adalah mengecek makanan dan minuman yang ada di pasaran, untuk mengetahui apakah makanan dan minuman tersebut sudah memenuhi aturan yang berlaku untuk dikonsumsi masyarakat, misalnya tanggak kadaluarsanya, komposisi atau keterangan yang menggunakan bahasa indonesia, kemasannya, dan ijin edar. Karena banyak makanan beredar yang ada di pasaran tidak menggunakan atau menyertakan ijin edarnya. Baik dari itu PIRT atau MD.

Pengawasan ini dilaksanakan setiap bulan puasa (menjelang idul fitri), natal dan tahun baru. Diperkirakan pada saat-saat itu, banyak makanan 'sembarangan' beredar. Bisa jadi cuci gudang, atau memang si empunya toko tidak peduli meski produk yang dijualnya sudah rusak atau kadaluarsa. Kalau mendapati pemilik yang bisa diajak kerjasama, sih enaka. Tidak ada 'gontok-gontokkan' dengan pihak lain. Tapi, kalau sudah kena yang keras kepala, wah, itu yang butuh kesabaran ekstra.

Variasi pekerjaan? Ya. Dan semoga bisa menjadi cara baru untuk refresing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar